Cara Membatasi Bandwidth di LAN pada Internet IndiHome


Bandwidth Managemen atau Bandwidth Control disini digunakan untuk mengatur / membatasi kecepatan upstream dan downstream.

Pada artikel ini saya menjelaskan 
Cara Membatasi Bandwidth di LAN pada Internet IndiHome menggunakan Wireless Router TP Link TL-WR841N untuk mengontrol bandwidth didalam jaringan lokal.



Karena konfigurasi Home Gateway Internet IndiHome saya, sebagai Router, dan TP Link yang saya gunakan, mendukung beberapa tipe koneksi WAN, maka saya membuat arsitektur LAN sebagai berikut : 



Saya mengkoneksikan port WAN pada TP Link dengan LAN 1 pada Home Gateway. Karena Home Gateway saya, untuk akses internet disetting di LAN 1 dan IP Address LAN 1disetting DHCP, maka saya membuat koneksi TP Linkk ke arah WAN : Dynamic IP. Dalam hal ini, bisa saja mengganti IP Address menjadi statik. 

Saya memberikan contoh arsitektur jaringan seperti diatas, karena kebanyakan settingan untuk Modem /Home Gateway / ONT , sebagai router.

Konfigurasi WAN pada TP Link TL-WR841N


Pastikan koneksi interface WAN pada TP Link menuju Home Gateway.  Koneksikan laptop dengan Router TP Link melalui interface ethernet yang lain atau wifi. Buka web browser dan menuju IP Address TP Link, untuk tipe ini mempunyai IP Address 192.160.0.1.

Untuk mensetting WAN, dari menu, pilih Network - WAN dan pada WAN Connection Type : pilih Dynamic IP. Kemudian save.

Pada Interface WAN, Router akan mendapat IP Address : 192.168.1.2 dari DHCP Home Gateway, dengan default dateway adalah 192.168.1.1 .



Setting Bandwidth Control  pada Router TP Link TL-WR841N


Tentukan IP Address yang akan diatur bandwidthnya, atau cek IP Address jika menggunakan DHCP pada Router RP Link dan pastikan terkoneksi ke DHCP server TP Link. Pada contoh ini : IP Address laptop : 192.168.0.100 dan IP Address DHCP Server : 192.168.0.1

Cek melalui laptop :


Cek melalui router TP Link


Sebagai bahan perbandingan sebelum dan sesudah pengaturan bandwidth, cek bandwidth sebelum dibuat Bandwidth Management.  Sebelum dibuat Bandwidth Control, hasil dari speedtest menunjukkan : kecepatan downstream 1.71 Mbps dan kecepatan upstream 0.79 Mbps



Selanjutnya, untuk membatasi bandwidth, pertama : dari menu pilih Bandwidth Control - Control Setting :


Kemudian : 

  • enable bandwidth control : berikan tanda centang
  • Line Type : pilih tipe jaringan, disini saya menggunakan ADSL
  • Egress Bandwidth : bandwidth upload. Pada contoh ini : 1024 Kbps
  • Ingress Bandwidth : bandwidth download, pada contoh ini : 2048 Kbps
Kenudian menuju ke menu Rule List untuk memberikan batasan bandwidth upstream dan downstream berdasarkan IP Address yang terkoneksi ke Router TP Link. 

Klik Add New kemudian isikan IP Address, bandwidth upload minimal dan maksimal serta bandwidth download minimal dan maksimal 


Setelah selesai, lakukan speed test kembali. Pada contoh ini, saya mendapatkan speed download 0.38 Kbps dan speed upload : 0.30 Mbps.

0 Response to "Cara Membatasi Bandwidth di LAN pada Internet IndiHome"

Posting Komentar